Biomedik

Sejarah

Ilmu Biomedik adalah cabang ilmu kedokteran yang menggunakan azas pengetahuan dasar ilmu pengetahuan untuk menjelaskan fenomena hidup ditingkat molekuler, seluler, organ dan tubuh yang berhubungan dengan kedokteran dan kesehatan guna pengembangan untuk pencegahan, pengobatan dan pemulihan penyakit.Pendekatannya melalui teknik laboratorium pada binatang coba atau penderita.

Program Studi Magister Ilmu Biomedik Universitas Diponegoro Semarang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud RI No: 469/DKTI/Kep/1996 tanggal 19 September 1996 dan penyelenggaraan pendidikan mulai September 1997.

Visi Misi

Visi

Tahun 2020 Prodi MIB menjadi salah satu pusat pendidikan dan penelitian Ilmu Biomedik yang bermutu dan dikenal baik secara nasional maupun Internasional (Asia Pasifik)

Misi

  1. MelaksanakanpendidikanS2 Ilmu Biomedik yang profesional agar lulusannya mampu berkompetensi global.
  2. Melaksanakan penelitian Ilmu Biomedik yang melibatkan dosen dan mahasiswa serta melakukan publikasi nasional/ internasional untuk menunjang perkembangan ilmu.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat, sesuai dengan masalah dan kebutuhan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan evaluasi reguleruntukmeningkatkan kualitas, otonomi, akuntabilitas dan akreditasi.
  5. Meningkatkan entrepreneurship berdasarkan pemikiran yang inovatif dan kreatif agar lulusannya mampu bersaing di pasar lokal, regional dan Internasional   

Tujuan

Tujuan pendidikan disusun selaras dengan visi dan misi FK Undip dan Undip, untuk menghasilkan lulusan S2 Biomedik yang:

  1. Beretika, bermoral tinggi, unggul dalam Ilmu Biomedik, profesional dalam riset, mampu bersaing dalam kompetisi global, dan peka terhadap permasalahan kesehatan, sesuai denganmasalah dan kebutuhan era mendatang.
  2. Mampu berfungsi sebagai pengambil kebijakan dalam pemilihan teknologi terapan berdasarkanetika dan pertimbangan biaya efektif bagi kepentingan pasien dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan.
  3. Cakap sebagai komunikator dalam mempromosikan pola hidup sehat, memberikan nasehat dan tuntunan efektif, sehingga individu atau masyarakat dapat meningkatkan derajat kesehatannya da nmencegah timbulnya penyakit.
  4. Senantiasa meningkatkan dan mengembangkan diri dalam ilmu Biomedik yang berpedoman pada pendidikan sepanjang hidup.